• Breaking News

    VBeer Mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya, atas meninggalnya, guru kita Ahmad Taufik Jufri, Pendiri Aliansi Jurnalis Independen dan merupakan Wartawan Seionr MAjalah TEMPO
    Investigasi Indonesian Porn akan segera hadir di edisi senin, 20 Maret 2017, hanya di Tabloid BINTANG VB

    Tabloid Wanita Dewasa Indonesia, Menyajikan Fakta Dengan Data, Bukan gossip semata, tetapi Fakta Dengan Data, Vulgar, Apa Adanya.

    Download

    7 Rekomendasi Memilih Travel Umroh

    Oleh : Ustadz Anshorullah (Pemilik Ulya Tour and Travel) www.ulyatour.com

    Bintang VB - Memilih travel umroh terpercaya dan terbaik tidaklah sulit.  Kumpulkan informasi dari sumber terpercaya, verifikasi dan bandingkan beberapa travel. Dah, begitu saja.  Mudahkan?!  Tapi kalau mau baca ulasannya mungkin Anda bisa mengembangkan lebih jauh lagi.


    Cerita jamaah umroh gagal berangkat atau terlantar di tanah suci pernah Anda dengar bukan?  Di antaranya ada yang ditinggal travelnya.  Tidak mendapatkan penginapan. Tidak dapat visa, dan sebagainya.  Siapapun tidak berharap hal tersebut menimpa diri atau keluarganya!

    Kekhawatiran salah memilih travel umroh sangat wajar.  Yang perlu dipahami untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut hanyalah informasi yang cukup dan terpercaya.  Mendapatkan informasi terpercaya tentu dari sumber yang terpercaya juga.  Akjhirnya Anda memiliki keyakinan travel yang dipilih memang terbaik atau terpercaya.

    Beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan guna mencari informasi memilih travel umroh terpercaya:
    5 Pasti
    Kementerian Agama sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas pelaksanaan ibadah umroh dan haji telah mengkampanyekan 5 hal yang harus dipastikan ketika memilih travel.  5 hal tersebut adalah:

    1. Pasti Travelnya Berizin
    Kementerian Agama menyeleksi travel-travel yang layak menyelenggarkan perjalanan haji dan umroh.  Ada travel yang mendapatkan izin hanya untuk penyelenggaraan umroh saja.  Ada yang diizinkan untuk penyelenggaraan umroh dan haji khusus.  Ada pula yang mendapat izin penyenggaraan haji khusus, umroh dan menyediakan visa.

    Pastikan travel memiliki izin dari Kementerian Agama sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).  Anda dapat mengeceknya di http://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu.

    2. Pasti Maskapai dan Jadwal Keberangkatannya
    Pilihlah travel umroh terpercaya yang memiliki kepastian keberangkatan baik maskapai yang digunakan dan jadwal keberangkatannya.  Travel harus menentukan tanggal keberangkatan dan menyediakan tiket pergi dan pulang di awal sekaligus.

    Bila Anda mendapatkan janji keberangkatan tanpa jadwal yang jelas seperti setahun lagi atau beberapa bulan lagi dengan maskapai yang tidak jelas, maka patut Anda waspada.

    3.     Pasti Harga dan Paketnya
    Setiap travel memiliki paket atau program yang turut mencantumkan harganya.  Pertimbangkan apakah harga yang dibebankan terlalu mahal atau terlalu murah.  Kedua-duanya tentu berisiko merugikan Anda.  Bagaiman perasaan Anda jika mengetahui orang lain bisa membayar murah untuk paket yang sama sementara Anda membayar jauh lebih mahal?

    Harga paket yang terlalu murah tentu sangat riskan. Setiap fasilitas dari pesawat, transportasi darat, hotel, konsumsi, perlengkapan dan lain sebagainya tentu memiliki harga yang harus dihitung cermat dan dibayar.  Belum lagi ada komponen biaya pemasaran dan keuntungan yang ingin diperoleh travel.

    4.     Pasti Penginapannya
    Penginapan selama di kota Mekkah dan Madinah harus jelas diinformasikan.  Ketidakjelasan penginapan yang akan digunakan dapat berisiko terlantar tanpa penginapan dan mencari penginapan sendiri. Meski banyak penginapan di kedua kota haram tersebut, namun bukan hal yang mudah mendapatkannya terutama bila kita terkendala dalam masalah bahasa. 

    5.    Pasti Visanya
    Lazimnya 2-3 hari sebelum keberangkatan visa sudah diperoleh.  Karenanya untuk menghindari kegagalan mendapat visa, travel berupaya menerima paspor dan pelunasan pembayaran minimal sebulan sebelum keberangkatan.  Lebih cepat tentu lebih baik.  Agar travel bisa segera mengurus penerbitan visa.  Kegagalan memperolah visa menyebabkan kegagalan berangkat.

    Untuk memastikan memperoleh visa sebaiknya travel yang dipilih memiliki izin sebagai PPIU penyedia visa.  Anda dapat mengeceknya di http://haji.kemenag.go.id/v3/content/direktori-provider-visappiu.

    Bertanya kepada tetangga
    Saudara atau orang-orang terdekat yang Anda percaya
    Temukan orang terdekat yang pernah berumroh atau haji.  Tanyakan pengalamannya dengan travel yang digunakan.   Anda perlu tahu proses pendaftaran, pelunasan, manasik, keberangkatan, selama di tanah suci sampai kepulangan ke tanah air.  Apa saja fasilitas yang diterima dan kualitas pelayanannya.  5 pasti di poin pertama bisa menjadi acuan mencari informasi ke berbagai sumber.

    Rekam jejak
    Lamanya perusahaan travel berdiri bisa menjadi indikasi pengalaman travel tersebut dalam menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh dan haji.  Rekam jejak ini dapat ditelusuri dari komentar atau rekomendasi orang-orang yang pernah menggunakan jasanya dan menanyakan langsung ke pihak travel.

    Travel baru biasanya menginduk kepada travel besar yang telah punya pengalaman yang cukup atau bisa juga memiliki personil yang sudah berpengalaman sebelumnya.

    Mendatangi kantor travel, Kemenag, dan lainnya
    Setelah beberapa informasi awal dari langkah 1 sampai 3 Anda kumpulkan, saatnya Anda mengunjungi kantor travel.  Silakan tanyakan dan konfirmasikan informasi yang sudah Anda dapatkan.  Meskipun ada pihak yang mengkoordinasi atau yang manjadi perantara dengan travel, ada baiknya Anda mengunjungi kantor travel dan mengkonfirmasi proses serta hal-hal yang Anda ingin ketahui.  Setidaknya dengan mengunjungi kantornya, Anda mengetahui bahwa travel yang membantu perjalanan umroh atau haji Anda memiliki kantor dan tidak fiktif.

    Kunjungi beberapa lembaga terkait seperti Kementerian Agama atau kantor dinasnya, asosiasi travel, Majelis Ulama Indonesia dan lainnya.  Disana bisa ditanyakan berbagai praktik-praktik atau program-program yang legal atau dilarang dilakukan oleh travel.  Sehingga Anda dapat menghindari risiko sejak awal.

    Bandingkan beberapa travel
    Anda dapat mengumpulkan informasi beberapa travel terlebih dahulu.  Informasi ini dapat bersumber dari mereka yang telah berangkat dari travel tertentu, bisa juga internet, atau sumber lainnya.  Hal-hal yang perlu Anda ketahui setidaknya terkait 5 pasti di atas.  Akan lebih baik lagi kalau Anda tahu rekam jejaknya juga.  Kemudian berdasarkan informasi tersebut pilihlah salah satu travel yang Anda nilai terpercaya.

    Berhati-hatilah dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan seperti harga murah.  Dengan memiliki banyak informasi dari berbagai travel setidaknya Anda memiliki gambaran awal perkiraan harga standar yang lazim ditawarkan.  Harga mahal relative wajar sepanjang Anda mendapatkan kepastian serta fasilitas dan layanan yang sesuai.

    Prosedur pendaftaran dan pelunasan biaya umroh
    Lakukan pendaftaran di kantor travel langsung atau melalui mekanisme online dari situs resmi dari travel yang Anda pilih.  Pada tahap ini Anda sudah memenuhi persyaratan administrasi atau kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.  Ketika penyerahan dokumen kepada petugas travel mintakan tanda bukti serah terima dokumen.  Di Dalam tanda bukti tersebut tercantum dokumen apa saja yang sudah diserahterimakan.  

    Sehingga Anda dapat memastikan dokumen yang sudah diserahkan maupun yang belum apabila ada dokumen yang memang belum diserahterimakan.  Bukti serah terima dokumen ditandatangani oleh petugas yang menerima dokumen dan Anda sendiri.

    Selanjutnya Anda bisa membayar uang muka atau deposit dan terakhir pelunasannya.
    Pembayaran sebaiknya dilakukan langsung ke rekening milik travel atau langsung di kantor travel.  Sebaiknya hindari pembayaran di rumah atau tempat-tempat bebas dan kepada petugas travel yang belum dikenal baik.  Perhatikan! Simpan dengan baik bukti pembayaran Anda.  Konfirmasikan pembayaran Anda kepada travel atau petugas yang mensupervisi pembayaran biaya umroh dari calon jamaah.   Sekali lagi, Anda harus pastikan bahwa pembayaran Anda sudah diterima oleh pihak travel.

    Sholat istikharah
    Tidak ada salahnya bila Anda melakukan solat istikharah terlebih dahulu sebelum menjalani proses di travel yang Anda pilih dan melunasi pembayarannya.  Innsya Allah Anda semakin yakin dengan pilihan Anda atau justeru mendapatkan informasi baru atau hal-hal lain yang patut mendapatkan perhatian Anda sebelum memilih.

    Duh ternyata memilih travel umroh repot juga yah, hehee…
    Yakinlah! Bahwa upaya yang terlihat merepotkan di awal ini jauh lebih ringan bila Anda terlantar ketika menjalankan ibadah umroh atau gagal berangkat sementara biaya umroh sudah disetorkan.

    Selamat memilih travel umroh terpercaya :)


    Hot Issue : Menjelang Sidang Cerai Al Habsyi

    hot issue
    Rumah Bintang VB. Powered by Blogger.

    Ulya Tour and Travel

    ulya tour

    Celebrity

    Celebrity

    Beauty

    Twitter

    Fashion

    fashion

    Hijabers

    hijab

    Gaya Hidup

    gaya hidup

    Travel

    Twitter

    Khazanah Islam

    Khazanah

    Kisah Inspirasi

    Inspirasi

    Mitos

    mitos

    Kuliner Indonesia

    kuliner

    Dapur Bunda

    dapur bunda

    Berbagi Tips

    tips