• Breaking News

    VBeer Mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya, atas meninggalnya, guru kita Ahmad Taufik Jufri, Pendiri Aliansi Jurnalis Independen dan merupakan Wartawan Seionr MAjalah TEMPO
    Investigasi Indonesian Porn akan segera hadir di edisi senin, 20 Maret 2017, hanya di Tabloid BINTANG VB

    Tabloid Wanita Dewasa Indonesia, Menyajikan Fakta Dengan Data, Bukan gossip semata, tetapi Fakta Dengan Data, Vulgar, Apa Adanya.

    Download

    10 Cara Menghentikan Penggunaan Diaper

    Bintang VB -  Diaper seakan menjadi kebutuhan pokok bayi-bayi modern saat ini, tetapi taukah Vbeers bahwa penggunaan Diaper ternyata menjadi candu tersendiri bagi orang tua dan bayi, awalnya diaper merupakan produk yang akan memudahkan orang tua karena tidak perlu mengganti pakaian anak sering kali.

    Lantas kapan waktu yang tepat untuk memaksakan anak agar tidak menggunakan Diaper lagi? Ternyata menghentikan pemakaian diaper akan lebih baik apabila lebih awal, yaitu sejak anak mulai bisa belajar duduk. Jangan sampai menunggu anak mulai bisa berjalan, baru orang tua mengajarkan cara buang air, itu sebenarnya cara yang tidak bijak, kenapa? Karena anak akan menjadi malas dan tidak perduli dengan kamar mandi sebagai tempat untuk membuang hajatnya.
    Memaksakan untuk mengenalkan tempat buang hajat kepada anak, akan menimbulkan perlawanan atau pemberontakan dari anak, justru akan menyulitkan kita sebagai orang tua untuk mengarahkan, bukan malah lebih baik, justru berakibat kepada pertumbuhan psikologis anak untuk melawan orang tua.
    Berikut 10 cara agar anak berhenti menggunakan Diaper :

    1.     Jangan membiasakannya
    Sejak dari awal gunakan pampers hanya sesekali saja di saat-saat tertentu seperti menghadiri acara-acara penting atau ketika sedang melakukan perjalanan jauh, sehingga dengan demikian diharapkan anak-anak tidak sampai mengalami ketergantungan menggunakannya.

    2.     Lakukan potty training
    Idealnya pemakaian pampers hanya digunakan hingga anak mencapai usia 20 bulan dan setelahnya orangtua bisa mulai mengajarkan kepada mereka potty trainingPotty training bertujuan untuk mengajarkan kepada anak bagaimana cara menggunakan toilet untuk pertama kali, sehingga anak-anak tahu apa yang harus dilakukan ketika ingin BAB. Tetapi cara ini baru bisa dilakukan saat anak sudah mampu diajak berkomunikasi dengan baik.
    3.     Berikan dukungan
    Ketika tiba saatnya untuk berhenti menggunakan pampers biasanya anak-anak akan mengalami kekhawatiran. Karenanya mereka sangat membutuhkan dukungan dari orangtuanya, mereka juga sangat membutuhkan informasi bahwa pampers sebenarnya hanya digunakan oleh bayi dan bukan untuk anak-anak yang sudah bertambah besar seperti mereka. 
    4.     Jangan memarahinya
    Terkadang butuh waktu bagi anak-anak untuk menyesuaikan diri. Karena itu, jangan pernah sekalipun memarahinya ataupun memaksanya saat anak belum merasa nyaman lepas dari pampers, karena cara ini justru dapat membuat mereka makin ketakutan dan tidak percaya diri, sehingga akan lebih sulit untuk melepaskan dirinya dari kebiasaan menggunakan pampers.
    5.     Atur jadwal untuk buang air
    Ketika akan pergi tidur jangan lupa mengingatkan anak-anak untuk segera buang air supaya tidak ngompol, atau bila tidak atur jadwal buang airnya secara berkala (misal, 3 jam sekali atau terserah Anda) sampai anak-anak terbiasa melakukannya seorang diri.
    6.     Beri pujian
    Saat anak mulai belajar untuk tidak lagi menggunakan pampers berikan pujian kepada mereka, mereka butuh diyakinkan bahwa tanpa pampers sebenarnya tidak akan terjadi apa-apa pada mereka, justru mereka akan lebih bebas bergerak.
    7.     Gunakan perlak
    Di awal berhenti menggunakan pampers biasanya seorang anak akan terlihat sangat gelisah saat mau tidur. Karena itu, agar mereka tidak khawatir ngompol dan tetap merasa nyaman saat tidur Anda bisa menyiasatinya dengan memberi alas perlak di bawah tempat tidurnya.
    8.     Batasi minum sebelum tidur
    Karena kapasitas kandung kemih seorang anak umumnya masih kecil, maka beberapa jam sebelum mereka pergi tidur sebisa mungkin batasi minum mereka supaya tidak mengalami ngompol yang dapat menurunkan rasa percaya dirinya nanti.
    9.     Komunikasi yang baik
    Dibutuhkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak, sehingga ketika sudah waktunya bagi anak berhenti menggunakan pampers, maka orangtua tidak akan mengalami kendala berarti dalam meyakinkan mereka.
    10.  Ketelatenan dan kesabaran
    Ketika seorang anak sudah terlanjur nyaman menggunakan pampers, maka sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari Anda sebagai orangtuanya. Jangan pernah memaksanya, tetapi beri mereka pengertian secara bertahap bahwa pampers tidak bisa dia gunakan untuk selamanya, hanya masalah waktu, suatu hari nanti anak Anda pasti akan bisa lepas dari pampers dengan sendirinya.


    Hot Issue : Menjelang Sidang Cerai Al Habsyi

    hot issue
    Rumah Bintang VB. Powered by Blogger.

    Ulya Tour and Travel

    ulya tour

    Celebrity

    Celebrity

    Beauty

    Twitter

    Fashion

    fashion

    Hijabers

    hijab

    Gaya Hidup

    gaya hidup

    Travel

    Twitter

    Khazanah Islam

    Khazanah

    Kisah Inspirasi

    Inspirasi

    Mitos

    mitos

    Kuliner Indonesia

    kuliner

    Dapur Bunda

    dapur bunda

    Berbagi Tips

    tips