• Breaking News

    VBeer Mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya, atas meninggalnya, guru kita Ahmad Taufik Jufri, Pendiri Aliansi Jurnalis Independen dan merupakan Wartawan Seionr MAjalah TEMPO
    Investigasi Indonesian Porn akan segera hadir di edisi senin, 20 Maret 2017, hanya di Tabloid BINTANG VB

    Tabloid Wanita Dewasa Indonesia, Menyajikan Fakta Dengan Data, Bukan gossip semata, tetapi Fakta Dengan Data, Vulgar, Apa Adanya.

    Download

    6 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

    Bintang VB - Jika Bunda sudah merasa kesulitan menghadapi susah tidur pada anak dan mulai mengkhawatirkan kesehatannya jika kebutuhan tidurnya tidak tercukupi, maka Bunda harus mencari cara bagaimana untuk menidurkan anak dengan mudah.(Baca juga : 5 Sebab Anak Susah Tidur)

    1.     Buat jadwal tidur yang konsisten
    Sebenarnya, tubuh manusia memiliki ‘pengatur waktu’ sendiri. Ketika kita sudah terbiasa dengan aktivitas tertentu di jam tertentu, tubuh kita akan membunyikan alarm untuk mengingatkan kita melakukan aktivitas yang sesuai jadwalnya. Begitu pula dengan tubuh anak.
    Coba buat jadwal yang tetap untuk menidurkan anak. Jika anak dijadwalkan untuk tidur di waktu yang sama terus-menerus, lama kelamaan tubuh anak akan ‘mengingat’ jadwalnya dan memberi isyarat mengantuk di jadwal yang telah ditetapkan karena sudah menjadi kebiasaan.
    2.     Ubah siklus tidurnya
    Setiap anak memiliki pola  tidur sendiri-sendiri. Bisa jadi anak memiliki waktu tidur yang berbeda dengan Bunda. Misalnya, dia banyak tidur saat Bunda bekerja dan ketika Bunda sudah lelah pulang bekerja dia justru masih bersemangat untuk bermain dan tidak mau diajak tidur. Hal ini sangat melelahkan Bunda, bukan?
    Maka, cobalah untuk mengubah siklus tidurnya. Kurangi waktunya tidur siang, atau jaga supaya waktu tidur siangnya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur malam. Dengan begitu, saat malam hari dia sudah merasa mengantuk dan lebih mudah untuk diajak tidur. Tapi tetap beri anak waktu untuk tidur siang ya, karena tidur siang merupakan salah satu cara agar balita tidak mudah sakit.
    3.     Ajari dia perbedaan waktu siang dan malam
    Selelap apapun anak Bunda masih tidur pada pagi hari, cobalah untuk bangunkan dia. Kenalkan padanya perbedaan waktu pagi dan malam. Katakan padanya, “Nak, sudah pagi waktunya kita bermain lagi, kan?” dan saat malam hari katakan “Sudah malam, waktunya kita tidur, ya. Bermainnya besok pagi lagi ya..”
    Jika Bunda mengajarkan padanya perbedaan waktu ini terus menerus, lama kelamaan anak akan memahami perbedaan aktivitas yang harus dilakukan di waktu tertentu. Dia akan belajar bahwa ada waktunya dia bisa bermain dan ada waktu dia harus tidur dan beristirahat.
    4.     Buat suasana yang nyaman
    Terkadang, anak kesulitan tidur karena suasana yang terlalu bising, TV atau musik yang bersuara terlalu keras, atau lampu yang menyala terlalu terang. Dengan suasana yang masih ‘ramai’ seperti itu, anak akan merasa bahwa waktu bermainnya belum berakhir.
    Oleh karena itu, buatlah suasana yang nyaman untuk anak tidur. Matikan TV, putar musik yang lembut dengan volume rendah, dan redupkan lampu. Pastikan pakaian anak sudah nyaman untuk tidur, begitu juga kasur dan selimutnya bersih dan nyaman untuknya.
    5.     Pastikan dia telah cukup makan
    Anak biasanya akan rewel ketika merasa lapar tapi berkata pada Bunda bahwa dia lapar. Maka, selalu perhatikan jadwal dan porsi makan anak. Walaupun Bunda pada masa-masa menyapih anak, lakukan cara menyapih anak akan tetap memastikan makanan dan gizi yang masuk ke tubuhnya telah cukup. Jika dia merasa kenyang, dia akan merasa lebih nyaman dan lebih mudah mengantuk sehingga akan mudah diajak tidur.
    6.     Berpura-pura tidur di sampingnya
    Mungkin Bunda sudah sering mengalami ketika berusaha menidurkan anak, dia justru bercerita banyak dan lama-kelamaan akan mengajak Bunda bermain lagi. Dia kembali turun dari tempat tidur dan keluar dari kamar.

    Pada dasarnya, semua anak sangat suka bermain. Mereka tidak merasakan lelah, seperti yang dirasakan orang dewasa. Maka, Bunda harus mencoba untuk mengajarkan pada anak bahwa ada rasa lelah yang harus direspon dengan tidur.


    Berpura-puralah untuk tidur saat di sampingnya. Abaikan usahanya untuk bercerita dan mengajak Bunda bermain. Lama kelamaan dia bisa bosan dan akhirnya akan ikut tertidur. Namun, pastikan pintu kamar sudah tertutup dan tidak ada barang berbahaya di sekitarnya, ya!

    Hot Issue : Menjelang Sidang Cerai Al Habsyi

    hot issue
    Rumah Bintang VB. Powered by Blogger.

    Ulya Tour and Travel

    ulya tour

    Celebrity

    Celebrity

    Beauty

    Twitter

    Fashion

    fashion

    Hijabers

    hijab

    Gaya Hidup

    gaya hidup

    Travel

    Twitter

    Khazanah Islam

    Khazanah

    Kisah Inspirasi

    Inspirasi

    Mitos

    mitos

    Kuliner Indonesia

    kuliner

    Dapur Bunda

    dapur bunda

    Berbagi Tips

    tips