• Breaking News

    VBeer Mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya, atas meninggalnya, guru kita Ahmad Taufik Jufri, Pendiri Aliansi Jurnalis Independen dan merupakan Wartawan Seionr MAjalah TEMPO
    Investigasi Indonesian Porn akan segera hadir di edisi senin, 20 Maret 2017, hanya di Tabloid BINTANG VB

    Tabloid Wanita Dewasa Indonesia, Menyajikan Fakta Dengan Data, Bukan gossip semata, tetapi Fakta Dengan Data, Vulgar, Apa Adanya.

    Download

    Mitos Kejatuhan Cicak Dapat Membawa Sial

    Bintang VB – Menurut sejarah, keyakinan tentang mitos kejatuhan cicak sudah ada sejak zaman dahulu kala. Hal ini bisa kita ketahui dari hadist berikut.

    Imam Al-Baihaqi berkata: “Perasaan sial karena adanya pertanda tertentu telah di kenal pada zaman jahiliyah dahulu, yang mana mereka menganggap sial di saat mendengar suara burung menjelang pergi untuk suatu keperluan, menganggap isyarat buruk ketika ada suara gagak, lewatnya binatang di jalan dan lain-lain.”

    Penjelasan Ilmiah kenapa cicak bisa terjatuh
    Cicak dapat melekat erat pada dinding disebabkan, cicak mempunyai bulu-bulu halus berukuran mikro yang disebut dengan seta di setiap telapak kakinya.

    Menurut hukum fisika, satu seta dapat menahan beban hingga 20mg Cicak mempunyai berat tubuh 50 sampai dengan 150mg. bandingkan dengan jutaan sata yang ada pada tiap bagian kakinya. Sumber dari gaya lekat seperti ini diperkirakan karena gaya tarik listrik antara molekul seta (gaya Van der Waals) dengan molekul permukaan.

    Cicak bisa terjatuh dari dinding karena kesalahannya dalam mengatur posisi kaki. Hal ini adalah kesalahan teknik yang dilakukan oleh cicak itu sendiri. Karenanya cicak akan sulit dilepaskan dari dinding ketika kita menangkapnya, tetapi mungkin juga bisa terjatuh saat kita melepasnya.

    Penjelasan Islam Tentang Mitos
    Namun, Islam secara tegas tidak menafikan pertenda-pertanda alam, selama ada dalil yang kuat tentang perkara itu. Diantara bukti bahwa islam juga memperhatikan perkara ini, yakni sabda nabi Muhammad SAW

    “Jika engkau mendengar ayam jantan berkokok maka mohonlah karunia kepada ALLAH, karena dia melihat malaikat. Dan jika engkau mendengar ringkikan himar maka mohonlah perlindungan kepada ALLAH karena dia melihat setan.” (HR. Muslim)

    Nabi menjelaskan bahwa suara ayam jantan yang berkokok sebagai isyarat dan pertanda hadirnya malaikat, dan mengajak umatnya untuk banyak berdzikir dikala itu. Begitu juga ketika kita mendengar ringkikan keledai (himar), ringkikan keledai menandakan akan adanya syaitan dan kita diminta untuk banyak memohon perlindungan kepada Allah SWT.

    Mengaitkan perihal jatuhnya cicak dengan datangnya sebuah musibah, atau mendapati ular yang sedang menyeberang jalan kemudian kita memahaminya sebagai sebuah hambatan atau memprediksi masa depan (nasib) dengan menerbangkan burung adalah tidak dibenarkan, bahkan tergolong sebagai perbuatan kesyirikan. Nabi bersabda :

    “Thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan.” (HR Tirmidzi)

    Thiyyarah digolongkan sebagai suatu kesyirikan karena orang-orang yang meyakininya berarti telah menganggap hewan-hewan tertentu dapat mendatangkan sebuah kemanfaatan atau madharatan terhadap dirinya. Padahal, Allah sematalah yang mampu untuk memberikan kemanfaatan atau madharatan, sementara burung gagak, burung hantu, ular, atau ciciak sama sekali tidak mempunyai daya apapun, dan tidak mengetahui tentang sesuatu yang ghaib.

    Setelah kita mengetahui adanya penjelasan agama mengenai hal kejatuhan cicak atau semacamnya, hendaknya kita menjaga diri dari mempercayai sesuatu yang bersifat Thiyyarah seperti hal ini. Karena Thiyyarah adalah termasuk kesyrikan dalam beragama.

    “Barangsiapa mengurungkan keperluannya karena thiyarah, maka dia telah berbuat kesyrikan.” Lalu para sahabat radhallahuanhum bertanya: “Lalu apa tebusannya wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “hendaknya engkau membaca: “Ya ALLAH, tiada nasib baik kecuali nasib baik (dari)MU, tiada thiyyarah kecuali thiyyarah-MU dan tidak ada ILAH yang berhak disembah selain ENGKAU.” (HR Ahmad)

    Siapa tak kenal cicak? Ya, cicak merupakan salah satu hewan melata yang seringkali hidup berdampingan dengan manusia. Kita banyak menemukan cicak pada dinding rumah, atap dan juga tembok. Cicak memang bukan merupakan hama, sehingga tidak mengganggu kehidupan manusia, malah terkadang cicak sering membantu manusia dalam membasmi nyamuk ataupun lalat. Namun demikian, ternyata ada mitos-mitos menarik yang berhubungan dengan binatang cicak ini. mitos tersebut adalah Mitos Kejatuhan Cicak di kepala. Ya, kejatuhan cicak di kepala seringkali dipercaya sebagai salah satu pertanda buruk. Apa saja mitos kejatuhan cicak di kepala? Berikut ini adalah beberapa mitos kejatuhan cicak di kepala, beserta dengan penjelasnnya :

    1. Anda Akan Menjadi Sial
    Mitos pertama yang sering dihubung-hubungkan dengan kejatuhan cicak adalah mitos berupa kesialan. Ya, mitos ini merupakan salah satu mitos yang paling populer dan banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia, dari berbagai macam budaya. Hampir semua orang menghubung-hubungkan kejadian kejatuhan cicak ini dengan kesialan. Meskipun belum terbukti benar, namun demikian, ternyata banyak orang yang mengaku bahwa setelah kejatuhan cicak mereka benar-benar akan merasa sial dan tertimpa kemalangan. Ini mirip seperti mitos ketika kita menabrak kucing dengan kendaraan, seperti motor, sepeda dan juga mocil. Kita akn mengalami sial ketika kita mengalmai kejadian tersebut.

    Darimana mitos ini berasal?
    Sebenarnya, mitos bahwa ketika kita kejatuhan cicak, kita akan memperoleh kesialan memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah, karena memang masih hanya sebatas mitos. Namun demikian, pasti anda mungkin merasa bingung, bagaimana mitos ini bisa berkembang, sehingga banyak orang yang kemudian percaya dengan hal tersebut bukan? Nah pada dasarnya, mitus ini berkembang sesuai dengan kemampuan dari si cicak itu sendiri, yang mampu menempel dan juga berjalan di dinding berkat kakinya yang lengket.

    Dengan kemampuan itu, maka hampir pasti cicak tidak akan mungkin terjatuh apabila sedang berjalan di tembok ataupun atap rumah bukan? Nah, ketika ternyata kita mendapati bahwa ada cicak yang jatuh, maka hal itu seringkali dikatakan sebagai kesialan, karena banyak yang berkata “cicak kan bisa jalan di atap sama tembok, kok bisa-bisanya saya kejatuhan cicak, sial bener nih”. Nah, kira-kira seperti itulah mengapa saat ini cicak yang jatuh, dan juga orang yang kejatuhan cicak di kepala bisa dibilang mengalami kesialan.

    2. Rezeki menjadi Seret
    Mitos kedua yang sangat populer mengenai kejatuhan cicak di kepala adalah rejeki yang seret. Ya, mitos kejatuhan cicak di kepala ini seringkali dihubungkan dengan rejeki yang seret. Rejeki yang seret ini tentu saja berhubungan juga dengan kesialan yang menimpa kita, ketika ada cicak yang jatuh ke kepala kita.

    Tentu saja hal ini masih sebatas mitos, namun demikian, siapa sanka memang banyak pula orang yang mempercayai mitos tersebut, sehingga benar-benar merasa bahwa setelah kejatuhan cicak, maka mereka akan mengalami kesialan dan juga rezeki yang menjadi seret. Padahal, sebenarnya rezeki itu ada di tangan Tuhan, bukan di tangan cicak.

    Mengapa bisa ada orang mengalami kesialan ketika kejatuhan cicak di kepala?
    Percaya tidak percaya, meskipun hanyalah sebuah mitos, namun masih banyak orang pula yang memang benar-benar mengalami kejadian yang bisa dianggap sebagai kemalangan dan juga kesialan setelah mereka kejatuhan cicak di kepala. Nah, lalu bagaimana kita bisa menjelaskan hal ini? ada beberapa hal yang bisa dijelaskan dari kejadian tersebut.

    Yang pertama adalah kebetulan. Ya, memang kebetulan saja saat itu ada cicak yang jatuh di kepala anda, dan kebetulan pula saat itu memang saat-saat kesialan anda. kalaupun anda tidak kejatuhan cicak pun, kejadian sial ataupun malang akan tetap menimpa anda. Alasan ini merupakan salah satu
    Alasan yang paling banyak diterima, sehingga banyak orang yang ketika kejatuhan cicak di kepala, dn mengalami kesialan, mereka menganggapnya hanya sebagai kebetulan semata, dan tidak ada pengaruhnya dari mitos yang ada dan banyak beredar di masyarakat.

    Nah, yang kedua, sedikit mengarah kepada ilmu pengetahuan. Di dalam diri kita, terdapat hal yang sering kita sebut sebagai sugesti. Sugesti secara tidak langsung bisa dianggap sebagai sebuah doa yang ingin terkabul.

    Nah, dari hal ini, ketika kita kejatuhan cicak di kepala, dan kita mempercayai mitos bahwa kejatuhan cicak di kepala adalah sebuah pertanda kesialan, maka secara tidak langsung, alam bawah sadar kita akan mengirimkan sugesti kesialan ke dalam tubuh, dan apabila sugesti tersebut menguat, akibat rasa percaya dan keyakinan akan mitos yang tinggi, maka hal tersebut akan benar benar terjadi. Nah, cara mencegah agar hal ini tidak terjadi pada anda adalah, anda harus mampu untuk berpikir kritis, dan jangan mudah percaya dengan mitos-mitos yang belum tentu kebenarannya.

    Hot Issue : Menjelang Sidang Cerai Al Habsyi

    hot issue
    Rumah Bintang VB. Powered by Blogger.

    Ulya Tour and Travel

    ulya tour

    Celebrity

    Celebrity

    Beauty

    Twitter

    Fashion

    fashion

    Hijabers

    hijab

    Gaya Hidup

    gaya hidup

    Travel

    Twitter

    Khazanah Islam

    Khazanah

    Kisah Inspirasi

    Inspirasi

    Mitos

    mitos

    Kuliner Indonesia

    kuliner

    Dapur Bunda

    dapur bunda

    Berbagi Tips

    tips